INDAHNYA MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH


Indahnya Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah 〄

animasi-bergerak-selamat-datang-0276animasi bergerak gif

Hallo... selamat datang di blogku,,Blog untuk berbagi ilmu ♉❤❤❤♉

Mar-haba,,, Ahlan Wasahlan,,,

Disini kita akan mempelajari dasar dari kebersihan lingkungan sekolah yang penting untuk dijaga, termasuk manfaat serta dampak jika tidak menjaganya.

        Lingkungan merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat penting bagi makhluk hidup. Tanpa adanya lingkungan, maka tidak akan ada kehidupan. Oleh karena itu, diperlukan adanya upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar termasuk lingkungan sekolah.  
Kebersihan adalah suatu keadaan yang bebas dari segala kotoran, baik yang tampak oleh mata (lahiriah) maupun tidak (batiniah). 

       Lalu bagaimana dengan lingkungan sekolah? Lingkungan sekolah merupakan salah satu unsur penting dalam proses pembelajaran. Mengapa dikatakan demikian? Tanpa disadari lingkungan sekitar khususnya lingkungan sekolah sangat mempengaruhi kinerja otak kita saat belajar. Otak akan mudah berkonsentrasi jika lingkungan yang ada di sekitar bersih, indah, dan nyaman khususnya di ruang kelas dimana disanalah otak menerima materi pembelajaran. Banyaknya sampah yang berserakan di ruang kelas dapat menjadi hambatan atau permasalahan bagi siswa-siswi dalam mencapai prestasi yang baik.

          Nah, sekarang kita akan membahas bagaimana sih caranya agar lingkungan sekolah kita selalu bersih, indah, dan nyaman? Dalam masalah lingkungan, seharusnya seluruh warga sekolah menyadari akan peran-peran yang dimilikinya masing-masing. Semua peran warga sekolah harus benar-benar dibenahi agar dapat sejalan dengan program sekolah yang bersih, indah, dan nyaman. Untuk menciptakan suasana demikian, tidak cukup dikerjakan oleh penjaga atau pembantu sekolah saja, namun harus dibantu oleh semua pihak termasuk guru dan siswa-siswinya. Misalnya kebersihan dan keindahan ruang kelas yang merupakan tanggung jawab para siswa-siswi penghuninya. Sehingga para siswa-siswi itu harus melaksanakan piket dengan rutin dan penuh tanggung jawab. Begitu pun dengan guru, Guru merupakan panutan bagi siswa-siswinya. Sehingga para guru pun harus berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Misalnya dengan memberi contoh  membuang sampah pada tempatnya, dan selalu menegur siswa-siswi yang kedapatan membuang sampah sembarangan.

           Selain dapat mempengaruhi otak kita saat belajar, kebersihan itu penting loh sobat, kenapa? Karena sesuai dengan hadits Nabi SAW: 


إِنَّ اللَّهَ تَعَالى طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ نَظِيفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ كَرِيمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ جَوَادٌ يُحِبُّ الْجُودَ فَنَظِّفُوا أَفْنِيَتَكُمْ (رواه التيرمدى:2723)

Artinya:

Sesungguhnya Allah swt. Itu baik, Dia menyukai kebaikan. Allah itu bersih, Dia menyukai kebersihan. Allah itu mulia, Dia menyukai kemuliaan. Allah itu dermawan ia menyukai kedermawanan maka bersihkanlah olehmu tempat-tempatmu. (H.R. at –Tirmizi: 2723)

اَلْاِسْلَامُ نَطِـيْفٌ فَتَـنَطَفُوْا فَاِنَـهُ لايَدْخُلُ الْجَنَـةَ اِلانَطِيْفٌ (رواه البيهقى)

Artinya:

Islam itu adalah bersih, maka jadilah kalian orang yang bersih. Sesungguhnya tidak masuk surga kecuali orang-orang yang bersih (H.R. Baihaqi)

           Dari hadits-hadits diatas, kita diharuskan untuk menjaga kebersihan. Karena jika kita tidak bisa menjaga kebersihan, maka akan menyebabkan dampak negatif. Begitupun jika kita tidak bisa menjaga kebersihan lingkungan sekolah, maka banyak dampak negatif yang akan/ 'mungkin' timbul. Apa saja dampak negatif dari tidak menjaga kebersihan sekolah? yuk lihat dibawah ini!  

1. Kosentrasi saat belajar akan terganggu. Ketika lingkungan sekolah kotor, banyak siswa yang sulit berkonsentrasi dalam menerima pelajaran, karena perhatian mereka akan tersedot pada pemandangan tersebut dan merasa tidak nyaman dan juga risih berada di tempat itu. 

2. Banyak penyakit yang mungkin akan timbul dari lingkungan sekolah yang kotor. Misalnya penyakit DBD yang disebabkan oleh kebiasaan siswa dalam membuang sampah dikolong meja sehingga menyebabkan nyamuk berkembangbiak.

         Nah, untuk mencegah dampak negatif diatas, dapat dilakukan beberapa upaya, diantaranya: 

  • Mengajak para siswa agar memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan sekolah,
  • Jika hal pertama tidak dituruti, guru wajib menegur para siswa yang melanggar ketentuan diatas, misalnya membuang sampah sembarangan,
  • Memberi sanksi bagi siswa yang melanggar tata tertib tentang kebersihan lingkungan sekolah,
  • Memberikan arahan tentang kehidupan sekolah yang berbudaya lingkungan,
  • Memberikan info tentang dampak negatif lingkungan kotor dan memberikan contoh yang nyata tentang dampak negatif lingkungan kotor,
  •  Mengadakan penilaian atau perlombaan kebersihan kelas,
  •  Melarang siswa membuang sampahsembarangan.

Jika upaya-upaya tadi dilakukan dengan baik, maka kita dapat merasakan manfaatnya, misalnya: 

* Menjadi lebih semangat dan lebih konsentrasi dalam belajar, 

* Proses KBM menjadi lebih kondusif dan efektif.

Dengan begitu kita menjadi mudah untuk dapat meraih prestasi yang diinginkan.   

    Dari tadi cuman ngomongin lingkungan sekolah secara umum ya sobat, bosen juga. Oke deh gimana dengan lingkungan sekolah mu sobat? Saya mau sharing nih tentang lingkungan SMPN 17 Bandung. Tau kan SMPN 17 Bandung? 

          SMPN 17 Bandung merupakan sekolah adiwiyata nasional, ya semacam sekolah yang peduli akan lingkungan gitu, dan sekarang akan menuju ke adiwiyata mandiri. Jadi, di sekolah ini sedang gencar-gencarnya mensosialisasikan tentang kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah. Fasilitas yang ada di SMPN 17 bandung diantaranya kelas yang berjumlah ± 26 kelas, perpustakaan, laboratorium fisika, laboratorium komputer, ruang serbaguna, ruang ekstrakulikuler, UKS, lapangan dan koperasi siswa(kopsis).  Mau lihat gimana lingkungan SMPN 17 Bandung? Nih saya kasih beberapa fotonya:

SMP NEGERI 17 BANDUNG
TANAMAN VERTIKAL SMPN 17 BANDUNG

PARKIRAN SMPN 17 BANDUNG
LAPANGAN SMPN 17 BANDUNG

TAMAN PARKIRAN
 
TAMAN DEPAN RUANG EKSKUL

TAMAN DEPAN RUANG GURU
KORIDOR RUANG EKSKUL
RUANG PIKET
KAMAR MANDI PUTRI
Bagaimana sobat? Bagus kan lingkungan SMPN17 Bandung?Gimana dengan lingkungan sekolahmu, Sudah indah belum? Kalau belum ayo kita indahkan lingkungan sekolah kita agar dapat bermanfaat bagi semua.

Semoga setelah membaca blog ini, kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan sekolah kalian menjadi meningkat, sehingga lingkungan sekolah kita selalu indah, nyaman, dan terjaga kebersihannya. 
Oke deh sobat, sampai disini dulu ya. Semoga blog ini dapat bermanfaat bagi kita semua amiin... 
Hasil gambar untuk animasi bergerak thank. gif
animasi-bergerak-tangan-0045 
 Syukron,,, Illaliqai,,,,





Daftar pustaka: 
https://rohissmpn14depok.wordpress.com/kbm-pai/1053-2/
https://www.bindoline.com/teks-eksposisi-menjaga-kebersihan-lingkungan-sekolah-2/

Komentar