Mengenal Diri Untuk Mendefinisikan Peran Untuk Indonesia


Mengenal diri, sudah sepatutnya untuk kita mengenal diri sendiri. Namun, terkadang sulit untuk dapat mengenal diri dengan baik. Lebih sering kita menjadi orang yang paling jahat terhadap diri sendiri. Miris rasanya, tetapi memang itu realitanya. Tak ada salahnya untuk kita terus menggali diri sendiri.

Ok disini aku mau mencoba untuk mengenal diri aku lebih jauh, mungkin hal yang sama juga bisa kamu lakuin. Llangsung aja check this out!

Namaku Resy Meilani, sekarang sih biasa dipanggil Resy, tapi dari kecil aku dipanggil memey nama panggilan dari orang tua, dan jadi nama panggilan sekampung wkwk. Pasti kalau ada yang nanyain alamat rumah Resy, tetangga- tetangga pada ga tau, sampe- sampe sering paket yang ilang misterius wkwk. Nama Resy merupakan singkatan dari nama kakek, nenek, ayah, dan ibu. Ga ngerti lagi deh kenapa bisa kepikiran gabungin empat nama jadi satu nama wkwk. Meilani bermakna perempuan yang lahir di bulan Mei. Iya, aku lahir di bulan Mei, tahun 2002. Aku anak pertama dari dua bersaudara, anak sulung perempuan katanya. Adikku laki-laki, dia masih kelas 5 SD. Aku mulai mengikuti pendidikan formal sejak berusia 4 tahun, aku masuk BKB Kemas Melati, dilanjut masuk TK Teratai. Tahun 2008 aku masuk SD, di SDN Panggilingan 1, dan lulus tahun 2014. setelah lulus dari SD, aku lanjut ke SMPN 17 Bandung, tiga tahun selanjutnya aku lulus, dan melanjutkan ke SMAN 24 Bandung, SMA Negeri favorit di pinggiran Bandung katanya wkwk. Dari SMAN 24 Bandung aku banyak ngembangin diri baik akademik maupun nonakademik. Banyak lomba yang aku ikutin, mulai dari olimpiade sampai kejuaaraan olahraga. Dari SMAN 24 Bandung aku berhasil lolos jalur SNMPTN ke kampus impian ku, ITB. Iya ITB, aku masuk Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, jadi bagian massa bumi 2020, yang tiggal di bumi dan membumikan penghuni bumi wkwk.

Setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangan, sama halnya dengan aku. Mempunyai daya juang dan rasa keingintahuan yang tinggi, tegas , memiliki rasa kepedulian terhadap pendidikan anak- anak,  serta memiliki keterampilan mengajar/ menyampaikan ilmu dengan baik menjadi hal yang menjadi kelebihanku. Disamping kelebihan yang ada, aku juga punya kekurangan,  sulit belajar dari buku non-cetak, sulit membagi waktu, kurang kreatif, sulit bekerja dalam tim, dan kurang menguasai bahasa asing menjadi kekurangan ku saat ini. 

Sejak SMA aku sudah mempunyai adik asuh untuk diajar, hal itu membiasakan aku untuk menjadi kakak asuh yang harus berpengetahuan dan memiliki karakter yang baik. Sehingga lama- kelamaan rasanya bahagia saat melihat mereka tersenyum, apalagi saat mereka mengucapkan Terima kasih. Di sana aku belajar menjadi pribadi penyabar, mempunyai kepedulian dan empati besar. Aku berharap dengan sedikit ilmu yang aku miliki dapat membantu memajukan pengetahuan mereka. Tak jarang justru aku yang banyak belajar dari mereka, kepolosannya, kesederhanaannya, rasa bersyukurnya, kadang menampar jiwaku yang angkuh ini. 

Dengan kekurangan dan kelebihan yang aku punya, aku ingin menjadi orang yang mengabdi kepada masyarakat terutama di bidang pendidikan anak- anak untuk memajukan pendidikan generasi Indonesia. Dengan mengabdi, aku harus terus menambah ilmu pengetahuan dan terus membagikan ilmu yang ku punya. Satu- satunya hal yang jika dibagikan tidak akan berkurang hanyalah ilmu. Dan keberhasilan Indonesia dimasa depan ditentuan dengan pendidikan generasinya saat ini. 

Inilah aku, untuk ku, orang disekitarku dan untuk Indonesia ku.



Komentar